oleh

Sosialisasi Program Pengembangan Pisang Cavendish Skala Bisnis di Polman, 100 Hektare Sudah Siap

POLMAN, Maleosulbar.com — Pemprov Sulbar melaksanakan sosialisasi program pengembangan pisang cavendish dengan skala bisnis di Desa Sumarrang Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Jumat 19 Juli 2024 lalu.

Program yang kini dikembangkan oleh Pemprov Sulbar tersebut digagas oleh Pj Bahtiar Baharuddin

Hadir langsung Pj Bupati Polman Ilham Borahima didampingi Tenaga Ahli Bupati Muhammad Abduh, Ketua Bappeda Polman, dan sejumlah kepala OPD.

Hadir juga tim percepatan pembangunan ekonomi Sulbar, perwakilan PT. Citra Agri Pratama sebagai oftaker, Perbankan, KTNA, pengurus kelompok tani petani, dan masyarakat umum dengan jumlah peserta sekitar 70 orang.

Pj Bupati Polman Ilham Borahima mengharapkan agar para petani memanfaatkan betul-betul kesempatan ini sebagai peluang emas untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

“Apalagi komoditi yang akan dibudidayakan bukan merupakan hal baru melainkan sudah menjadi komoditi tradisi orang Mandar,” ucap Ilham.

Hanya saja, lanjut Ilham Manajemen usaha taninya yang diperbaiki, sehingga tercipta sebuah ekosistem bisnis pisang yang mendunia.

“Pj Gubernur Sulbar sebagai penggagas gerakan usaha ini, telah melakukan MOU dengan salah satu perusahaan dari timur tengah, untuk pemasaran produk ini,” ujarnya.

Asisten II Pemprov Sulbar Muchtar mengatakan sosialisasi program penanaman pisang cavendish skala bisnis menggunakan skema Pembiayaan Kredit Usaha rakyat ( KUR).

“Pisang cavendish adalah salah satu dari sekian banyak buah tropis yang hampir semua orang menyukainya, adaptip terhadap iklim dan berbagai jenis tanah, serta cukup mudah dibudidayakan,” bebernya.

Sehingga menurutnya, usaha budidaya pisang cavendish ini dijamin akan berhasil, dan bahkan bisa menjadikan pengusaha taninya terancam kaya.

Saat sosialisasi ini berlangsung, mendekati 100 – an hektare lahan yang sudah terdata oleh koordinator lapangan TA. Pj Bupati, yang dalam waktu singkat akan masuk tahap pemberkasan jika sudah melalui verifikasi teknis oleh Tim teknis CAP.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed