oleh

DKP Mateng Gelar Pelatihan Perlakuan Jantanisasi Monosex Ikan Nila di Karossa

MATENG, Maleosulbar.com – Melalui Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menyelenggarakanpelatihan perlakuan jantanisasi monosex ikan nila.

Pelatihan tersebut di lakukan di desa Tasokko kecamatan karossa, kabupaten Mamuju tengah. Kamis, (23/05/2024).

Ket. Foto : Kadis DPK dan sekertaris melakukan foto bersama peserta yang ikut dalam pelatihan perlakuan jantanisasi monosex Ikan Nila di Karossa (ist)

Hadiri dalam kegiatan Kedis Kelautan dan Perikan Mateng Ir H. Amirullah MM.Pub Sekertaris DKP I Made Kardiana SE,MM. Kabid budidaya Ibrahim Sp MPi. dan Dr. Indra cahyono,D.Pi,M. Kampus ITBM Makasar.

Ir H. Amirullah MM.Pub, dalam sambutan berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan monosex pada benih yang di budidayakan , sehingga hasil tambak ikan meningkat dan dapat meningkatkan perekomian warga.

Ket.Foto : sala satu kegiatan dalam pelatihan perlakuan jantanisasi monosex terhadap ikan nila,(ist)

Sementara itu Dr. Indra cahyono,D.Pi,M. selaku pemateri dari Kampus ITBM Makasar mengajak petambak untuk memilih benih ikan yang memiliki sertifikat yang jelas, Seperti BBI (Balai benih ikan ) yang ada di desa tasokko, kecamatan karossa kabupaten Mamuju Tengah yang telah di kelolah DKP Mateng dengan legalitas benih ikan nila unggulan.

Masih Indra,metode benih jantanisasi alami yang terbuat dari bahan yang di campur madu maupun air kelapa dapat memandulkan ikan betina. Sehingga ikan tidak dapat berkembang biyak yang dapat mengganggu proses pembesaran ikan.

” Untuk itu dengan program monosex alami ini ikan dapat membesar dengan cepat dan petani tambak untung besar,” ungkap Indra Cahyono.

” Program ini Baru di terapkan di BBI Yang ada di Mateng, Satu-Satunya program di Sulawesi Barat, untuk itu perlu dukungan semua sektor agar Benih Ikan ini nantinya dapat Memenuhi pasar lokal hingga lintas provinsi, seperti IKN yang ada di kalimantan,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed