oleh

195 CJH 2024 di Lepas Pemda Mateng

MATENG, Maleosulbar.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), melepas 195 Calon Jemaah Haji (CJH) kloter tujuh gelombang pertama tahun 2024.

Pelepasan 195 CJH dilepas langsung Sekartaris daerah (Sekda) Mamuju Tengah Dr. Askary di alun alaun Rujab Ketua DPRD Mateng. Selasa (14/5/2024).

Dalam sambutannyaAskary mengucapkan, selamat kepada 195O CJH Mamuju Tengah dimana diketahui lima orang calon jemaah berasal dari luar Kabupaten Mamuju Tengah sehingga total keseluruhan berjumlah 195 orang.

” Bapak bapak dan ibu ibu ini adalah calon jemaah haji yang terpilih, yang tidak secara kebetulan ibu bapak sekalian menjadi calon jemaah haji. Semua ini atas desain dan petunjuk dari Allah,swt, hendaknya senantiasa kita bersyukur karena masih banyak saudara kita yang mau melaksanakan ibadah haji tetapi belum giliran yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Askary.

ket Foto : CJH Mamuju Tengah bersiap untuk dilepas oleh Pemda Mateng (ist).

Dikesempatan itu, Askary juga menyampaikan beberapa hal diantaranya: jemaah Indonesia dikenal di Saudi Arabia sebagai orang paling tertib diseluruh dunia, sehingga CJH asal Mateng bukan cuma sebagai tamu Allah dari Mateng tetapi simbol negara yang kita bawa sehingga ia berharap kepada CJH untuk tetap tertib, rapi dan sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan.

“Jemaah haji Indonesia terkenal saling kompak dan saling bekerjasama membantu sesama jemaah, bahkan CJH Indonesia seringkali membantu jemaah haji yang lain/diluar dari kloter masing- masing. Untuk itu kami atas nama pemerintah menyampaikan jaga marwah dan martabat nama daerah,” terangnya.

Selain itu, Askary meminta kepada seluruh CJH untuk menjaga marwah dan martabat bangsa serta mengikuti seluruh petunjuk yang telah dianjurkan oleh petugas, insaallah pelaksanaan kegiatan perjalanan haji bapak ibu sekalian lancar dan tetap dalam limdungan Allah,swt.

” Seperti yang telah disampaikan oleh bapak Kemenag yang paling penting jaga yang wajib dan yang paling penting jaga kondisi, atur irama, jangan semangat kita yang terlalu tinggi kita mau melakukan semua yang sunnah akan merusak fisik kita, sehingga sesuaikan dengan irama kemampuan fisik kita masing masing,” sambungnya.

Untuk itu, kata dia, septi kesehatan sebab ini juga merupakan hal yang paling menjadi utama bagi jemaah haji untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed