oleh

4.539 Warga 5 Kecamatan di Mamuju Tengah Kesulitan Air Bersih Imbas Kemarau

Mateng, maleosulbar.com – Sebanyak 4539 jiwa yang berada di 5 kecamatan di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar) kesulitan air bersih imbas kemarau panjang selama 3 bulan terakhir. BPBD mateng berupaya menyalurkan air bersih secara bergantian ke setiap desa terdampak.
“Kejadian bencana kekeringan dan Karhutla terjadi di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah yang berlangsung sejak 16 Agustus hingga 14 Oktober 2023,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Mateng Bachtiar dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023).

Bachtiar mengatakan lima kecamatan terdampak yang dimaksud yakni Kecamatan Topoyo, Tobadak, Karossa, Budong-budong dan Pangale. Kondisi ini terjadi akibat wilayah Mamuju Tengah terdampak fenomena el nino.

Kondisi itu juga disebut membuat potensi kebakaran hutan dan lahan semakin besar. Pihaknya mencatat sembilan hektare lahan perkebunan sawit ikut terbakar imbas kekeringan.

“Kecamatan Karossa 2 desa terdampak, Kecamatan Topoyo 3 desa, Kecamatan Tobadak 2, Kecamatan Budong-budong 2 desa dan Kecamatan Pangale 3 desa. Total warga terdampak 4.539 jiwa,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed